Home Ads

Jumat, 03 November 2017

Tajwid Praktis


Judul: Tajwid Praktis
Penulis: Komunitas Santrijagad
Dimensi: 56 hal; 10,5x16cm
Penerbit: JagadPress
Harga: Rp10.000,- atau GRATIS
untuk setiap pembelian buku
Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam sebagai petunjuk dalam mengabdi kepada Allah. Maka setiap muslim niscaya harus berhubungan dengan Al-Qur’an sesuai dengan kadarnya masing-masing. Mulai dari menelaah dan memahaminya, hingga mengamalkannya dalam keseharian.

Adapun langkah pertama dalam hal tersebut adalah membacanya dengan benar. Sedangkan ilmu yang mempelajari tentang bacaan yang tepat dan benar dalam membaca Al-Quran ialah Ilmu Tajwid.
Hukum membaca Al-Qur’an dengan bertajwid pada kadar yang paling minimum, yakni agar tidak mengubah struktur kalimat atau merusak maknanya, adalah fardhu ‘ain bagi setiap pembaca Al-Qur’an.

Bagi mereka yang sudah mahir dalam Ilmu Tajwid, membaca Al-Qur’an dengan memelihara keseluruhan hukum-hukum Tajwid hukumnya wajib. Sedangkan mempelajari Ilmu Tajwid itu sendiri secara mendalam hukumnya adalah fardhu kifayah.

Sebab itu, penting bagi setiap muslim untuk mempelajari Ilmu Tajwid secara praktis agar bisa membaca lafal ayat-ayat Al-Quran dengan tepat. Terutama jika kita berkehandak untuk mempelajari Al-Quran lebih lanjut, berupa tahfizh, hingga tafsir.

Buku saku ini merupakan ringkasan hukum-hukum Ilmu Tajwid yang menjadi bahan ajar di Taman Pendidikan Al-Quran dan madrasah-madrasah. Berisi tentang jenis makhroj, hukum ghunnah, nun mati dan tanwin, lam jalalah, mim sukun, hukum ro, ikhfa, idgham, qalqalah, al ma’rifah, mad, tanda-tanda waqaf, serta bacaan-bacaan gharib.

Namun tentu saja, cara pembacaan yang tepat harus dipelajari secara langsung dari guru yang kompeten dalam Ilmu Tajwid. Atau dalam istilah tradisi keilmuan Islam disebut dengan talaqqi. Sehingga tidak hanya bacaan bisa tepat karena bisa melihat dan mendengar langsung, tetapi juga berkah keilmuan yang bersambung antara guru dan murid. Terus menyambung berantai ke atas hingga Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam. Semoga buku saku sederhana ini bermanfaat bagi penyusun maupun pembacanya di dunia dan akhirat. Aamiin. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JagadPress

Penerbit JagadPress adalah lini penerbitan buku-buku Komunitas Santrijagad sebagai wadah literasi santri dan edukasi masyarakat. Buku terbitan JagadPress bisa dipesan melalui nomor kami 088227339747. Atau bisa juga melalui surat elektronik kami.




Pesan Buku via Whatsapp klik:

Pesan Buku via Email

Nama

Email *

Pesan *